10 hari menuju S1 ASI Eksklusif



Tidak menyangka kalau dalam 10 hari lagi Cj udah lulus S1 asi ekslusif .  How great thou art !!
Kenapa ? karena mengASIhi ternyata tdk semudah dan selancar yang di pikirkan. Kalau sampai 10 hari lagi supply ASI ku masih tetap stabil benar-benar anugerah Tuhan !!
Medsos membuat mataku terbuka bnyk ibu-ibu yg berusaha stgh hidup supaya anak nya bisa full asi, bahkan ada yg sudah usaha tp tetap ga cukup.  Itu lah kenapa saya bilang ASI= ANUGERAH.
Huahhhh mama nya haru biru,bentar lagi susu mama nya ga laku huhu ( hehehe )
Perjalanan mengASI-hi ku bisa di katakan cukup lancar.
Sedikit sharing ya semoga bisa menjadi berkat.

a.Pre Natal ( sebelum kelahiran )
                Dari awal kehamilan, bahkan sebelum hamil memang sudah meniatkan utk memberikan ASI utk bayiku. Begitu tau hamil, mulai dari kehamilan 3 bulan sering pijat PD setelah mandi, dan cukup kaget ternyata sudah mulai terbentuk ASI. Sambil terus berdoa supaya Tuhan mencukupkan ASI ku utk bayiku nanti.
Kenapa pilih ASI ? alasan utama adalah karena saya alergian. Jadi takut bayi kun anti juga punya bakat alergi. Jadi ASI adalah pilihan yang terbaik. Di samping alasan-alasan lain nya ( Akan share di posting selanjutnya tentang keunggulan ASI )

b. Masa 28 hari pertama
                Saya melahirkan secara SC ( bisa di baca di postingan sebelumnya ), karena hun-hun di dalam ruang operasi jadinya ga berani IMD ( inisiasi menyusui dini ) padahal udah di tawarin sama DSA nya. Puji Tuhan begitu di kamar perawatan, Cj di bawa ke saya dan dia dengan lahapnya langsung nyusu hihihi ( terharu mengingat itu ). Dan Tuhan memang memberkati Cj, dia udah pinter nenen dari awal.
Selama 28 hari pertama Cj masih nyusu per 2jam, 2 jam bobo dst. Biasa Cuma 1 PD aja yg di minum, jadi PD satu nya saya pompa, dan di bekukan ( persiapan waktu itu antara mau lanjut kerja atau ga hehehe )
28 hari pertama tiap kali pompa maksimal 40 mL. Tetapi saya terus bersyukur, sedikit sedikit jadi bukit prinsip saya.

c. Bayi 1-3 bulan
                Setelah lewat 28 hari, Cj jadi “rakus” banget xD duh boro-boro tiap jam nyusu mau pumping. Anaknya di lepas aja ga mau hahaha alhasil pumping cuma bisa 1 kali setiap malam mau bobo malam. Paling banyak 2 kali. Di situ saya galau, sangat galau, sebenarnya asi saya apakah cukup buat dia kalau saya sampai kerja ? dan mulai mencari-cari booster asi.
Sempet beli biscuit asi dan teh asi. Biscuit nya sih di makan aja enak-enak, tapi ga ngaruh juga ke saya. Teh asi ga lanjut di minum krn setelah di minum malah jadi sakit kepala hahaha.



d. Bayi 4-6 bulan
Waktu CJ usia  3 bulan saya mulai kerja kembali.  Dan puji Tuhan udah punya stok di kulkas yang lebih dari cukup. Berkat prinsip saya tadi, Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Saya memang sudah stok asi mulai dari hari pertama CJ lahir.
Saat kerja saya pumping 2 kali dengan jeda 3 jam. Puji Tuhan bisa bawa pulang 240mL-360 mL setiap hari nya dengan kapasitas minum anak saya 320mL-500mL setiap saya tinggal kerja.
Tapi beberapa hari setelah Cj 5 bulan sempat turun produksinya, saya juga ga tau kenapa. Padahal semua berjalan seperti biasanya. Eh ga tau nya CJ mau sakit xD dan sakit beneran ( bapil dari minggu lalu, puji Tuhan udah jauh lebih sehat sekarang J )
Dan saat CJ sehat, perlahan produksi asi saya kembali lagi.
Ahhhhh ga terasa sudah mau 6 bulan saya bisa memberikan ASI.
Meng-ASI-hi benar-benar tdk mudah menurut saya, seperti mengasihi. Buat saya proses ini bukan sekedar memberikan susu,tapi saya belajar benar-benar yang namanya KASIH.  Masuk usia Cj 3 bulan saya sempat ragu apakah saya bisa terus memberikan ASI, dan di situ saya belajar untuk memberikan lutut saya untuk bayi dan keluarga kecil saya. Iya, lutut saya untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk boleh memberikan ASI yang cukup bahkan melimpah untuk anak saya.
Selain berdoa saya juga menjaga apa yang saya makan. Tidak ada makanan yang khusus, tapi saya pastikan gizi saya cukup supaya ASI saya adalah kualitas yg terbaik untuk anak saya J
Semangat meng-ASI-hi untuk semua ibu !!! saya percaya kita bisa karena Tuhan beserta kita !!


Cj 10 hari menuju S1 ASI hihi



Alat perang mama CJ demi ASI Eksklusif :)

Comments

Popular Posts