Persiapan Menyambut Kehadiran Buah Hati

   Tidak terasa bulan ini anak-ku sudah berusia 3 bulan lebih, akhirnya keinginan untuk sharing pengalaman melahirkan bisa terwujud juga hehehe. Kenapa sih saya mau sharing ? bukan karena mau ikut-ikutan ibu-ibu instagramers ya, tapi murni dari hati saya ingin berbagi. Karena setiap ibu memiliki kisahnya sendiri yang bisa menjadi berkat bagi orang lain J

Well, kalo di ingat-ingat mengenai persiapan melahirkan, saya melewati beberapa hal yang menurut saya penting, yaitu :

1.   1.  Cuti 2 minggu/ 1 bulan sebelum due date
Ini nih salah satu kesalahan terbesar saat mempersiapkan kelahiran XD. Saya ambil cuti pas banget di kehamilan minggu ke 38. Dengan harapan mau banyak waktu sama anak setelah lahiran, dan jeng jeng jeng , yang ada saya babak belur waktu hari lahiran.

Jadi saya plan untuk lahiran normal, dengan waktu kerja saya sebagai dokter umum dgn sistim shift, waktu itu saya dapat shift sore. Baru sampai di rumah sekitar jam 22, kemudian menikmati supper sate ba** dan ice cream baskin robbins, di lanjutkan mandi dan rebahan.
Waktu itu sekitar jam 23:30, kemudian terasa, loh kok ada yg ngalir.
Pas di lihat di sperai udah ada bercak darah. Buru-buru deh sama suami ke IGD RS tersayang.

Masuk IGD jam 24 kurang dikit, diperiksa bidan, ternyata belum ada bukaan & kontraksi  tp ketuban udah ngalir. Dalam hati bilang ohh ya udah paling di induksi.
Jam 02 masuk kamar rawat inap induksi dimulai
Jam 02-04 masih bisa tidur2 ayem
Jam 04 berasa mau pipis, panggil suami buat ambilin pispot,
Dari jam 04-06 makin deh tuh kontraksi terasa, tp masih bisa inget ilmu waktu senam hamil hahaha

Jam 06 di periksa lagi sama bidannya dannnnn belum ada bukaan juga . Dalam hati aduh ada apa ni, kok udah berasa sakit kontraksi tapi belum ada bukaan.  Puji Tuhan di jam ini si dede CJ masih sehat banget dari hasil CTG nya.

Dari jam 6-9 itu udah sakit ga karuan, mau gmn aja salah deh pokoknya, suami jg ikutan ga tidur dari jam 4 pagi,
Akhir nya jam 10 dokter obgyn dateng dan kita putusin buat SC ( mengingat kalo pecah ketuban 12 jam anak harus lahir untuk mencegah infeksi ke anak )
Puji Tuhan jam 10:56 lahir putra pertama kami

Rasanya di kamar operasi tuh, dingin, mual, ngantuk, jadi satu. Begitu di kasih liat anaknya, aku bersyukur bngt dia sehat, dan kita memilih keputusan yang tepat
Kemudian aku ga sadar, eh titba-tiab udah mau di bawa keruang pemulihan operasi.
Dan disitulah saya merasakan tidur ternyenyak selama kurang lebih 2 jam. Secara dari kemarin kan ga tidur yaa

Kemudian di bangunkan dan pindah ke kamar rawat inap.
Dari situu BABAK BARU KEHIDUPAN DI MULAIIIIII

Well dari cerita saya yang cukup panjang, saya mau bilang
Lebih baik ambil waktu sedikit sebelum perkiraan anak lahir, krn ketika anak lahir semua berubah, waktu buat me time udah ga ada, mau mandi ke wc buat BAB aj susah hahaha karena anak kita bergantung penuh sama kita

1 bulan pertama kehadiran bayi CJ hidup ku terasa mau mati hahaha secara saya ini tukang tidur, terus tetiba harus tiap 2 jam bangun nyusuin ( ada yg tiap 1jam ARGHHH )
Sempet stress dong ? iya banget
Ini hal yang sama sekali saya ga pernah perhitungkan ( ga tau ya kalo ibu-ibu yang lain )

Jadi puaskan dl untuk persiapan fisik kalian untuk lahiran dengan cuti lebih awal. Aku percaya itu akan membantu banget-banget

2.       2. Kesadaran bahwa hidup setelah memiliki anak ada perubahan besar

Yup yup yup perubahan yang sangat besar.
Pertama sebagai seorang ibu, anak bergantung penuh sama ibunya. Saya memutuskan untuk memberikan ASI kepada bayi CJ. Berasa banget menyusui itu bukan hal yang mudah.
Kita harus bangun, duduk susuin, sendawain, kelonin, baru bisa tidur lagi.

Kedua mengenai jam tidur. Ini suatu perubahan besar buat saya. Saya ini tukang tidur soalnya hahaha dan tdk pernah membayangkan dan memperhitungkan bahwa setelah punya anak maka ritme tidur dan hidup saya berubah TOTAL !!!  2 bulan pertama bener-bener penuh perjuangan mengenai ini.

Ketiga RESTRICTED ME TIME hahaha me time saya sekarang ya waktu ke WC dan kalo si dede CJ udah bobo ( dmn kebanyakan dia bobo, saya juga tidur ). Ga usah ngomong mau ke salon atau ke mall sama temen-temen, mau ke wc aja sekarang sulit hahaha

3.       3..Persiapkan yang akan membantu kita saat si buah hati telah hadir

Awal saya pikir saya bisa sendiri, bisa masak sendiri dll. Tapi puji Tuhan dari baby CJ lahir mama dan papa mertua terus menemani kami semua. Ga kebayang kalo ga ada mereka, pasti saya udah jadi rempeyek yang udah hancur hahaha

Menurut saya ini hal yang penting untuk di persiapkan untuk kita hidup “ WARAS” setelah punya buah hati. Menurut saya juga penting untuk tau style apa yang di pake untuk membantu kita.
Seperti mama mertua saya, dia punya aturan sendiri yang diwariskan turun temurun untuk ibu melahirkan seperti apa yang boleh dimakan dan tidak, harus keramas pake daun sirih dll.
Ada baik nya hal ini di diskusikan dulu sebelum anak kita lahir, apakah kita setuju atau tidak.

Jujur setelah melahirkan anak saya jadi seperti orang ling-lung, lebih cepet emosian.
Kalau ga di diskusikan dari sebelum kelahiran yang ada nanti mood kita jelek, dan malah memengaruhi produksi ASI kita dan mood kita ke anak kita.
Waktu kemarin itu saya nurut sebagian anjuran mama mertua saya, ada juga yang saya kontra. Tapi semua di diskusikan baik-baik. Dan puji Tuhan sampai hari ini saya sehat sehat sehat, Cuma sempet mau flu aja 1 kali. Dan ASI pun berlimpah buat baby CJ.

Yup itu 3 hal yang menurut saya sangat amat penting untuk kelangsungan kehidupan setelah kehadiran buah hati J
Di samping persiapan lain nya kaya baju, bak mandi, pompa asi dll

Di atas semuanya itu jangan lupa untuk selalu berdoa dan bergantung kepada Tuhan, 
Dia yang memberikan kesempatan kepada kita untuk menjadi orang tua, 
Dia juga yang akan menopang dan memberikan kekuatan :)


Semoga sharing ini bisa menjadi berkat buat kita semua J


Baby CJL on the second day :)
Baby CJL on the third day :)

Comments

Popular Posts